23 May 2024

ISO 21001 dan Lembaga Pendidikan

Biaya pendidikan di Indonesia semakin mahal, mulai tingkat dasar, menengah, sampai universitas. Mahalnya biaya pendidikan tidak hanya di lembaga pendidikan swasta, melainkan juga di lembaga pendidikan negeri.


Banyak pakar pendidikan mengatakan, biaya mahalnya biaya pendidikan tak bisa dihindari. Pendidikan yang berkualitas memerlukan banyak fasilitas,termasuk gaji dan insentif yang memadai untuk para pengajar dan tenaga pendukung Pendidikan lainnya.

Selain itu, untuk mendukung pendidikan yang berkualitas diperlukan system manajemen lembaga pendidikan yang baik untuk mendukung proses ajar-mengajar yang berkualitas.

Lembaga standardisasi Internasional ISO telah merilis standar yang berhubungan dengan Lembaga Pendidikan ISO 21001. Standar ini berjudul Standar Manajemen Organisasi Pendidikan. Standar ISO 21001 khusus untuk Lembaga Pendidikan dalam rangka membantu organisasi pendidikan meningkatkan proses pendidikan dan memenuhi kebutuhan serta harapan para peserta didik, pemangku kepentingan, dan masyarakat secara keseluruhan.Standar ISO 21001 bisa diintegrasikan dengan standar populer ISO 9001.

Untuk mengenal ISO 21001, silahkan download standar ISO 21001 di blog saya ini, link nya:

ISO 21001:2018 Management systems for educational organizations.

Kebutuhan filantropi (kedermawanan) untuk pendidikan semakin mendesak. Kalau tidak, lembaga pendidikan atau sekolah yang berkualitas hanya bisa dimasuki anak-anak keluarga kaya karena mampu membayar biaya pendidikan yang mahal. Padahal, banyak anak-anak keluarga miskin yang cerdas, berbakat, mau kerja keras dan berkualitas.

No comments:

Post a Comment