06 June 2024

Indonesia termasuk negara yang mengantongi sertifikat ISO 37001 terbanyak di dunia, tapi korupsi terus Merajalela


Jumlah sertifikat sistem manajemen anti korupsi ISO 37001 yang berhasil diperoleh organisasi Indonesia tergolong rangking atas di dunia, meski demikian tingkat korupsi di Indonesia masih tinggi.

Indonesia merupakan salah satu negara yang selalu dipantau situasi korupsinya secara rutin. Pada Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 2023 yang dirilis oleh Transparancy International (TI), IPK Indonesia adalah 34/100 (0 = sangat korup, 100 = sangat bersih) 

Sementara, menurut survei ISO 2022 perolehan sertifikat Sistem Manajemen Anti Korupsi ISO 37001, Indonesia menduduki peringkat no 4 di dunia (juara 1 sertififikat terbanyak ISO 37001 adalah Peru,  lalu Italy dan disusul Korsel ).  

Bagaimana menerangkan ini? Indonesia termasuk negara dengan perolehan sertifikat ISO 37001 jawara di dunia, tapi praktek korupsi terus merajalela menurut hasil survey?

Banyak jawaban saya terima terkait pertanyaan atas dari grup yang saya Kelola:  QualityClub.  Anggota grup menjawab beragam: Berikut rangkuman jawaban atau komentar anggota QualityClub:

"Komitmen manajemen yang rendah dalam penerapan SMAP ISO 37001 sehingga sertifikat yang diperoleh berfungsi sebagai hiasan dinding saja" Lalu ada yang berkomentar: "Bener pak, pengalaman saya, sebulan yang lalu saya melakukan audit internal dan mendapatkan temuan yang seharusnya mayor, namun setelah rapat dan diskusi dengan manajemen temuan tersebut dijadikan minor atau bahkan diminta untuk dihapus karena kalau menjadi mayor dampaknya tidak bisa dikeluarkan sertifikat.."  Ada juga yang berpendapat seperti ini: "Ketika mengembangkan system manajemen ISO 37001 yang dibantu konsultan, tidak sesuai dengan aktivitas perusahaan,sehingga penerapan ISO 37001 salah arah"

Sudah saatnya organisasi Indonesia sadar betapa pentingnya system manajemen anti korupsi ISO 37001. Sebab praktek suap-menyuap mendorong kinerja dan performa organisasi memburuk.

Saya berharap semua pihak yang berhubungan dengan penerapan ISO 37001 telah membaca tulisan ini dan memberikan komentar atau memberikan solusi dan cara di blog ini untuk memperbaiki system manajemen ISO 37001 yang diterapkan organisasi Indonesia.

Jika Anda ingin mendapatkan jumlah sertifikat ISO yang diperoleh negara di seluruh dunia, silahkan klik disini

No comments:

Post a Comment